Tips Simpan Uang dengan Keuntungan Maksimal

, , Leave a comment

Nasihat yang berbunyi ‘sisihkanlah sebagian uang lalu tabungkanlah’ sebenarnya tidak salah. Bahkan kebiasaan menabung bisa kita anggap sebagai kebiasaan yang baik yang hingga saat ini juga dipandang menjadi jalan keluar bagi permasalahan finansial di masa yang akan datang. Namun, fakta harga barang dan nilai uang yang ada sekarang ini seolah melenyapkan kebijakan nasihat tersebut terutama bagi orang yang ingin kaya. Mengapa demikian? Karena di zaman sekarang ini, menyimpan uang tidak akan bisa memberikan keuntungan yang maksimal, sehingga dengan demikian, kita harus berupaya agar uang yang kita simpan tersebut bisa menghasilkan keuntungan untuk kita. Bagaimana caranya? Bisa dengan berinvestasi di reksadana syariah.

Sektor investasi reksadana syariah akhir-akhir mendapatkan banyak lirikan dari masyarakat yang beragama Islam. Bagi seorang muslim, kegiatan investasi ini tidak hanya mengharapkan keuntungan semata, tetapu juga bisa menjadi rezeki yang berkah serta halal, dimana kedua syarat tersebut hanya bisa didapatkan dengan jalan yang sesuai ajaran Islam.

Reksadana adalah suatu jalan keluar yang bisa dipilih oleh para pemilik modal yang hendak ikut serta di dalam pasar modal. Reksadana jelas akan memberikan keuntungan bagi siapapun yang ikut di dalamnya karena modal tersebut akan aman dan terkelola dengan baik sehingga bisa menghasilkan keuntungan. Hanya saja, bagi umat Islam, masalah investasi seharusnya tidak hanya mempertimbangkan sisi keuntungan saja, tetapi juga harus mempertimbangkan prinsip kesyariahan dan kehalalannya, sehingga kemudian reksadana syariah, yang notabenenya adalah proses islamisasi reksadana konvensional, bisa menjadi jalan keluarnya.

Nah, selain berinvestasi di reksadana syariah, masih ada tips lain yang bisa Anda tempuh supaya uang yang Anda simpan ini menghasilkan keuntungan yang maksimal.  Adapun tips yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  • Membeli Aset yang Sekiranya Harga Jual Kembalinya Lebih Tinggi

Jadi, menabung sekarang ini tidak hanya berarti menyisihkan sebagian uang saja, tetapi bisa juga kita manfaatkan untuk membeli aset yang memiliki harga jual kembali tinggi, seperti tanah dan properti. Kedua aset tersebut memang bisa dianggap sebagai pilihan yang menjanjikan, karena selain akan laku di pasaran, tingkat likuiditasnya juga cukup tinggi, sehingga bila kemudian Anda membutuhkan dana, Anda bisa segera menjualnya dan mendapatkan uang kembali.

  • Asuransi

Jadi, yang namanya keuntungan tidak melulu masalah finansial karena sejatinya memiliki jaminan akan hidup juga bisa kita anggap keuntungan. Dengan demikian, sebaiknya kita tidak hanya fokus pada masalah menabung dan investasi saja, tetapi kita juga bisa menggunakan uang tabungan tersebut untuk melindungi diri kita sendiri dengan jalan mengikuti program asuransi jiwa dan kesehatan. Dengan memiliki asuransi ini, jelas uang yang kita simpan juga akan berubah menjadi tameng yang bisa melindungi kita dari kejadian-kejadian yang sifatnya bisa menguras keuangan secara mendadak. Nah, jadi menguntungkan juga bukan?

(Visited 6 times, 1 visits today)
 

Leave a Reply