Reksadana Pasar Uang Beserta dengan Kelebihan dan Kekurangannya

Di dalam dunia investasi maka semakin besar resikonya maka akan semakin tinggi pula pada tingkat keuntungan yang akan Anda dapatkan. Tentu saja semua orang ingin mendapatkan keuntungan yang besar tanpa menginginkan kerugian atau resiko yang didapatkannya, sehingga memilih investasi di Reksadana pasar uang adalah pilihan yang sangatlah tepat untuk Anda lakukan, terlebih lagi bagi Anda yang masih awam dalam dunia investasi, maka hal ini lah yang menjadikan para masyarakat haruslah mengetahui terlebih dahulu mengenai investasi dengan cara yang aman dan tepat.

Bagi para investor tentu saja menginginkan cara berinvestasi dengan cara yang mudah dan juga tentunya aman agar terhindar dari resiko, sehingga hal yang sering kali dijadikan investasi yaitu mengenai deposito, sedangkan banyak yang beranggapan bahwa deposito adalah cara berinvestasi dengan cara yang aman karena di dalam deposito maka uang Anda pun akan dijaminkan oleh LPS atau Lembaga Penjamin Simpanan yang mana uang Anda kan diberikan jaminan apabila terjadi kebangkrutan pada pihak bank.

Pada peningkatan atau penurunan harga pada satuan unit ini pun tergantung pada keuntungan serta kerugian yang dilakukan oleh Manajer Investasi serta tergantung pada kondisi keuangan yang ada di dalam negeri maupun diluar negeri. Perlu untuk Anda ketahui bahwa Reksadana pasar uang ini tentu akan memiliki Manajer Investasi yang akan memutarkan uang Anda yang telah Anda berikan tadi ke pasar uang untuk bisa mendapatkan keuntungan. Sehingga pada kepandaian Manajer Investasi inilah yang akan sangat berpengaruh terhadap keuntungan serta kerugian yang nantinya akan Anda dapatkan.

Investasi yang ada dalam bentuk Reksadana ini pun merupakan cara berinvestasi yang dapat dilakukan dengan cara melalui perusahaan Reksadana. Sedangkan berinvestasi si Reksadana inilah yang dapat dilakukan dengan proses yang mudah, karena Anda hanya untuk mengumpulkan sejumlah uang kemudian memberikannya kepada manajer investasi yang mana hal ini untuk di investasikan di pasar uang. sedangkan besarnya uang yang Anda berikan ini pun akan di konversikan dalam bentuk unit Reksadana yang mana hal ini disebut sebagai Nilai Aktiva Bersih.

Berikut ini adalah kelebihan dari Reksadana itu sendiri, yaitu sebagai berikut ini:

  1. Reksadana ini merupakan tempat investasi yang paling aman jika dibandingkan dengan investasi yang lainnya
  2. Berinvestasi di Reksadana ini pun memiliki keuntungan yang jauh lebih tinggi.
  3. Untuk jumlah minimum dalam berinvestasi pun juga jauh lebih rendah, sehingga hanya dengan memberikan uang Rp 100.000 ini pun maka Anda sudah dapat melakukan investasi.
  4. Untuk melakukan pengambilan dana ini pun dapat dilakukan kapan dan dimana saja karena sifatnya yang fleksibel ini pun tidak akan memberikan denda bagi investor yang ingin mengambil dananya.
  5. Investasi di Reksadana ini tidak ada jangka waktunya.

Sedangkan dibalik dari kelebihan yang ada di atas maka ada beberapa kekurangan dari Reksadana pasar uang yang wajib Anda ketahui juga, yaitu sebagai berikut ini:

  1. Saat melakukan investasi ditempat ini maka Manajer Investasi akan memutarkan uang tersebut yang ada di dunia pasar, sehingga hal ini dapat menyebabkan resiko apabila perusahaan tersebut mengalami wansprestasi.
  2. Reksadana ini memberikan nilai return yang berfluktuasi, sehingga tidak dapat untuk diprediksi mengenai berapa keuntungan yang nantinya akan diperoleh.
  3. Dana Anda tergantung pada Manajer Investasi, sehingga Anda pun haruslah cermat dalam memperhatikan segala hal kecil yang ada dalam dunia investasi

Related posts

Leave a Comment