Ketahui 7 Penyebab Kucing Sakit Perut Sebelum Makin Parah

, , Leave a comment

Hai, cat lovers! Bagaimana kabar si kucing? Sehat, bukan? Sangat cemas rasanya jika kucing sedang sakit perut. Ia tidak bersemangat melakukan apapun, termasuk makan. Seperti kata pepatah bahwa hidup enggan, mati tak mau. Hilangnya nafsu makan adalah ciri-ciri kucing sakit perut. Lalu apa faktor penyebabnya? Simak saja penjelasan berikut.

  • Makanan

Makanan merupakan salah satu faktor penyebab timbulnya persoalan kesehatan kucing, terutama berdampak pada kesehatan saluran pencernaan. Kebersihan dan kualitas makanan kucing harus diperhatikan. Makanan yang tidak higienis dan tidak bernutrisi akan berdampak pada sistem imun, termasuk bisa menimbulkan sakit perut.

  • Minuman

Sama halnya dengan makanan. Minuman juga diperlukan untuk menjaga kesehatan kucing. Air minum yang tidak higienis justru menimbulkan rasa sakit pada perut kucing. Akibatnya, bisa jadi ia menjadi diare, bahkan mual muntah. Anda bisa memberikan minum air putih bersih dan susu kucing yang berkualitas sebagai asupan gizinya.

  • Perubahan Cuaca

Tak hanya soal makan dan minum. Perubahan cuaca di tempat tinggal juga berpengaruh pada kesehatan kucing. Perubahan cuaca dalam kurun waktu singkat akan menyulitkan kucing untuk beradaptasi. Saat cuaca berubah menjadi musim hujan, maka kucing merasa dingin dan semakin dingin apabila Anda tidak memberikan penghangat berupa selimut.

Hal tersebut bisa mengganggu kesehatan badannya. Si kucing bisa mudah sakit perut karena kedinginan dan angin malam. Sebaiknya, berikan kucing sebuah tempat tidur yang nyaman dengan selimut agar tak kedinginan saat musim hujan. Berikan makanan dan minuman hangat juga. Jika terlanjur sakit, segera periksakan ke dokter.

  • Stres

Stres merupakan hal yang paling sering mempengaruhi kesehatan, termasuk kesehatan pencernaan. Persoalan pada pencernaan seperti sakit perut bisa dialami kucing yang sedang stres. Tekanan batin yang dialami kucing ini bisa disebabkan karena bosan, tidak nyaman, ataupun karena terancam. Untuk itu, ajaklah kucing bermain dan penuhi kebutuhannya.

  • Virus atau Bakteri

Berkembangnya virus dan bakteri pada tubuh bisa menimbulkan berbagai persoalan. Hinggapnya virus atau bakteri ini bisa disebabkan dari makanan, minuman, ataupun lingkungan yang kurang bersih atau lembab. Jangan remehkan hal ini, karena jika ada virus dan bakteri yang berkembang dalam tubuhnya, maka bisa berakibat fatal untuk nyawanya.

Untuk mencegahnya, berikan makanan dan minuman dalam keadaan higienis serta tidak kadaluarsa. Anda juga harus memperhatikan dalam hal kebersihan lingkungan, yaitu lingkungan dalam dan luar rumah. Bersihkan juga tempat buang kotoran kucing. Hal ini akan meminimalisir ancaman virus atau bakteri. Jangan lupa, berikan vaksin pada si kucing.

  • Radang Usus

Radang usus termasuk penyebab kucing sakit perut. Radang usus juga disebut dengan panleukopenia dan termasuk salah satu penyakit yang berbahaya. Kasus ini sering ditemukan pada kucing yang belum diberi vaksin. Setelah menyebabkan sakit perut, radang usus ini menyebabkan kucing muntah-muntah serta diare parah pada kucing.

  • Ginjal Rusak

Rusaknya ginjal juga menjadi dasar dari sakit perut yang dialami kucing. Persoalan kesehatan ini berawal dari tidak terpenuhinya kadar air untuk kucing. Sebagai pemiliknya, Anda perlu memberikan asupan minuman yang cukup bagi kucing. Pancinglah kucing untuk minum dengan memberinya dry food atau makanan kering. Biskuit juga bisa jadi alternatifnya.

Ternyata, itulah berbagai penyebab kucing bisa mengalami sakit perut. Anda bisa memperbaiki cara perawatan kucing agar si meong bisa tumbuh sehat dan beraktivitas dengan baik. Untuk kelangsungan kesehatannya, upayakan untuk memperhatikan asupan makanan, kebersihan, serta kontrol kesehatannya, termasuk waspadai jika timbul ciri-ciri kucing sakit.

(Visited 21 times, 1 visits today)
 

Leave a Reply