Dekorasi Rumah untuk Ciptakan Nuansa Skandinavia dalam Hunian

Saat ini desain interior bertema Skandinavia menjadi sangat populer terutama bagi kalangan keluarga muda. Mengapa? Karena tema ini dapat mengakomodir seluruh keinginan mereka, dengan desainnya yang simple, modern, serta warna natural dengan kombinasi kayu.

Tema Skandinavia sangat kental dengan karakter simple, minimalis dan natural

Menghadirkan tema Skandinavia ke dalam rumah bukanlah hal sulit, bahkan Anda bisa memanfaatkan berbagai furnitur lama dengan sedikit sentuhan baru. Seperti mengganti warna furnitur, atau penambahan fungsi pada furnitur lama. Berbagai modifikasi sangat dimungkinkan dalam sebuah ruangan bertema Skandinavia, karena untur natural dan minimalis sangat kental dalam ruangan ini.

4 elemen utama yang harus Anda pahami saat membuat desain bertema Skandinavia:

 

  • Sederhana

 

Tema Skandinavia diadaptasi dari suasana pedalaman Skandinavia saat musim dingin, sehingga menghadirkan banyak ruangan yang nyaman, bersih dengan area open space. Ruangan dengan tema Skandinavian ini memanfaatkan ruangan besar tanpa sekat, sehingga terkesan luas dan terbuka. Orang-orang yang memilih area open space seperti ini umumnya memiliki kepribadian yang terbuka juga. Pemilihan furnitur seperti sofa, meja, rak, dan aneka dekorasi rumah lainnya pun dengan desain minimalis.

 

  • Cahaya Alami

 

Untuk menghadirkan tema Scandinavian Living, Anda harus bisa memaksimalkan penggunaan cahaya alami. Jendela yang berukuran besar, atap yang terbuat dari genting kaca pada beberapa bagian, serta minimalisir dinding-dinding untuk memaksimalkan masuknya cahaya alami ke dalam rumah. Penggunaan cermin serta furnitur dengan finishing glossy juga dapat membantu memantulkan cahaya, sehingga lebih terlihat terang.

 

  • Warna Netral

 

Tema Scandinavian Living, akan menarik kita kembali ke pedalaman Skandinavia dengan warna-warna netral seperti putih, cokelat muda, abu-abu muda, serta warna kayu. Tapi Anda tidak perlu khawatir, Anda tentu bisa mengkombinasikan warna-warna netral ini dengan berbagai warna kuat lainnya sebagai aksen dan dekorasi. Selain itu, pattern modern seperti baroque, chevron maupun garis tetap bisa dikombinasikan dalam tema Scandinavian Living.

 

  • Kayu

 

Terakhir yang tak kalah penting adalah material kayu. Tambahkan material kayu pada ruangan untuk memaksimalkan kesan alami pada ruangan. Bukan hanya warna kayu, namun material serta pattern kayu sangat berperan penting dalam ruangan. Bukan hanya pada furnitur, Anda bisa menggunakan lantai kayu untuk memaksimalkan desain ruangan. Lantai kayu ini selain sebagai dekorasi juga lebih nyaman digunakan bagi seluruh anggota keluarga.

Rumah bergaya Skandinavia ini mampu memberikan kehangatan serta kenyamanan yang menyatu dengan alam. Jika Anda tidak ingin menata keseluruhan rumah bergaya Skandinavia, Anda bisa mengaplikasikan gaya ini pada ruang keluarga, agar kenyamanan dan kehangatan lebih nyata terasa.

Related posts

Leave a Comment